lunes, 19 de diciembre de 2011

Konser "Lagu Spanyol" Menutup Tahun 2011

Sebelumnya saya minta maaf kalau baru bercerita tentang program terakhir tahun 2011 Kedutaan Spanyol di Jakarta sekarang. Resiko pekerjaan harus menunggu cerita ini terbit di sini terlebih dahulu.

Konser "Canciones Españolas" (Lagu-lagu Spanyol) dibawa oleh Kedutaan Spanyol untuk Indonesia sebagai program penutup tahun pada 24 November 2011 di tempat favorit mereka PPH Usmar Ismail, Kuningan Jakarta. Tahun ini mereka mengadakan tiga event besar yang semuanya berhubungan dengan seni, yaitu: grup musik jazz Colina-Serrano Quartet pada Mei, grup tari flamenco Tablas Flamencas pada Oktober, dan akhirnya duet soprano Marina Bollaín dengan gitaris Teresa Folgueira dalam konser ini.

"Tujuannya adalah untuk membawa musik populer Spanyol ke Indonesia. Beberapa lagu diciptakan oleh musisi Spanyol yang sangat terkenal, seperti Manuel de Falla and Isaac Albéniz," kata Fernando Fernández-Aguayo wakil kepala misi kebudayaan Kedutaan Spanyol.

"Semua adalah lagu rakyat, tetapi diaransemen menjadi sedikit klasik karena saya seorang soprano, juga gitar yang dimainkan bernuansa klasik," jelas Bollaín tentang keseluruhan penampilan mereka yang berisi sekitar 20 tembang.

Dari penampilan malam itu, saya mendapat pengetahuan bahwa: 1) Alat musik gitar yang sering kita jumpai memang berasal dan diciptakan oleh orang Spanyol; 2) Kebanyakan lagu rakyat Spanyol punya ending menggantung; dan 3) Castanet adalah alat musik wajib pada lagu rakyat Spanyol dan saat ini sudah tersedia dalam bentuk mesin untuk kebutuhan orkestra.

Kedua musisi kelahiran Madrid ini sudah berkolaborasi bersama untuk enam tahun sampai saat ini. Selain bernyanyi, Bollaín juga berakting dan mendalami pementasan opera. Dia pernah dianugerahi predikat aktris terbaik dalam Festival Film Gijon, Asturias. Sementara Folgueira adalah seorang guru musik, yang juga berprestasi dalam kompetisi gitar Cantabria ke-15.

Dua puluh nomor yang mereka angkat:

(gubahan Federico García Lorca)
Anda Jaleo
Los Cuatro Muleros
Sevillanas

Isaac Albéniz
Asturias (instrumental- gitar dan castanet)

Federico García Lorca
El Café de Chinitas
Los Pelegrinitos
Los Monzos de Monleón
Las Tres Hojas
Los Reyes de La Baraja

Isaac Albéniz
Sevilla (instrumental- gitar dan castanet)

Manuel de Falla
El Paño Moruno
Seguidilla Murciana
Asturiana
Lota
Nana
Canción
Polo

Federico García Lorca
Zorongo
La Tarara

1 comentario:

  1. DEPOSIT MURAH DAN HADIAH JUATAAN?
    HANYA DIZEUSBOLA.
    SEGERA DAFTAR DAN MAINKAN SEKARANG JUGA!
    HADIAH BERUPA JUTAAN RUPIAH DAN IPHONE BARU!
    NO TIPU”

    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official

    ResponderEliminar