miércoles, 19 de enero de 2011

Malam Fiesta, Siang Siesta!!!

Terkenal dengan kebiasaan berpesta (fiesta) sepanjang malam, namun orang Spanyol masih mampu "bertahan" pada siang hari. Kunci dari gaya hidup seperti ini adalah siesta atau tidur siang. 

Seorang pekerja Madrid ber-siesta pada tahun 1930an
Negara Spanyol yang terletak dekat Laut Mediterania memiliki iklim panas dibandingkan negara-negara Eropa lainnya (Bila musim panas tiba, suhu di Spanyol khususnya bagian selatan dapat mencapai 40 derajat Celcius). Sedangkan zaman dahulu orang-orang Spanyol umumnya bekerja di ladang di bawah terik matahari. Karena suhu yang tak memungkinkan orang-orang beraktifitas di luar ruangan, pada pertengahan hari para pekerja beristirahat di rumah untuk tidur siang dan melanjutkan pekerjaan sore harinya.

Siesta sendiri berasal dari kata "la hora sexta" yang berarti jam keenam. Dihitung dari jam enam pagi, jam 12 merupakan jam keenam. Selama tiga jam pada pertengahan hari ini orang Spanyol diberikan kesempatan tidur siang, berkumpul bersama keluarga, serta makan siang (Makan siang di Spanyol biasanya dimulai pukul 2 siang). 

Namun, pada awal abad ke-21, kebiasaan ini mulai kehilangan dukungan pemerintah. Karena alasan turunnya produktifitas, tiga jam siesta dipotong menjadi hanya dua jam saja. Masyarakat pun harus terbiasa dengan aturan main yang telah berlangsung berpuluh-puluh tahun ini. Berdasarkan sebuah survey, kini hanya 16% masyarakat Spanyol yang masih melakukan siesta. Banyaknya turis yang berdatangan juga membuat masyarakat Spanyol tetap beraktifitas di pertengahan hari. Padahal  menurut sebuah studi di Yunani oleh Universitas Harvard Amerika Serikat, tradisi tidur siang ini dapat meminimalisasi resiko penyakit jantung.

1 comentario:

  1. DEPOSIT MURAH DAN HADIAH JUATAAN?
    HANYA DIZEUSBOLA.
    SEGERA DAFTAR DAN MAINKAN SEKARANG JUGA!
    HADIAH BERUPA JUTAAN RUPIAH DAN IPHONE BARU!
    NO TIPU”

    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official

    ResponderEliminar