lunes, 17 de enero de 2011

Tortilla

Namanya cukup sering kita dengar bukan? Jika berkunjung ke supermarket atau toko, nama "tortilla" tertera pada bungkus sebuah produk makanan ringan. Dulu saya kira tortilla adalah sejenis keripik seperti produk kudapan itu.

Pandangan ini berubah setelah saya mencicipi tortilla di sebuah restoran tapas di Jakarta. Beberapa minggu kemudian pada sebuah pertemuan komunitas Spanyol Aula Cervantes, Rosa seorang Madrileña (perempuan dari Madrid) menyajikan tortilla dalam bentuk yang sama, sejenis omlet kentang. Rosa mengatakan bahwa orang Spanyol menyebutnya "tortilla de patata" yang berarti tortilla kentang, sedangkan di dunia masakan ini dikenal dengan nama "tortilla españa".

Karena terbuai dengan cita rasanya, saya pun belajar memasak tortilla setelah berkonsultasi dengan Rosa dan praktek bersama beberapa teman dari Spanyol yang malam itu datang ke rumah untuk makan malam bersama. Ternyata tidak sulit memasak hidangan ini. Berikut adalah bahan-bahan dan cara memasaknya.

Tortilla de Patata
Bahan-bahan:
kentang 1 kg
bawang bombay 1 buah (cukup yang kecil)
telur 8 butir
garam
minyak goreng

Langkah pertama adalah mengupas kulit kentang, lalu mengiris kentang tipis-tipis. Kulit kentang dapat anda goreng kemudian dengan garam untuk snack. Kentang yang telah teriris diberi banyak taburan garam sesuai dengan selera (saya biasanya menggunakan sekitar 5 sendok teh garam), diaduk-aduk hingga garam merata, lalu digoreng dengan minyak yang sudah dipanaskan secukupnya.

Potong kecil-kecil bawang bombay lalu tambahkan pada gorengan kentang tadi. Lanjutkan menggoreng hingga kentang lunak dan bawang bombay terlihat menguning.

Sementara itu, kocok telur dan tambahkan garam secukupnya (sekitar 3 sprinkle / taburan tangan). Gorengan kentang dan bawang dicampurkan ke kocokan telur tadi hingga merata, lalu goreng menggunakan pan berbentuk lingkaran.

Ratakan adonan ke seluruh permukaan pan, tunggu hingga adonan memadat. Kemudian balikkan tortilla menggunakan bantuan piring (tortilla dicetak ke piring lalu kembali dimasukan ke pan dengan posisi terbalik). Setelah itu coba tusukkan pisau anda ke dalam tortilla, jika pisau keluar bersih tandanya tortilla siap untuk dilahap.


4 comentarios:

  1. nanti eijk tambahin resep yang lain dah, ensaldia de rusa :)

    ResponderEliminar
  2. humm,, yummy..
    @ efi, yg betul ensaladia de ruso

    ResponderEliminar
  3. lebih nikmat bila dinikmati dengan sangria. Tunggu resepnya di sini :)

    ResponderEliminar
  4. Ya betul "tortilla de patatas" enak, kalau saya suka pakai juga, dua buah paprika hijau (potong kecil-kecil seperti bawang bombay), untuk kasih sedikit..... rasa.
    Salam

    ResponderEliminar