domingo, 23 de enero de 2011

Semua Berbondong-bondong Menuju Compostela

Kabarnya sepucuk surat tertutup ditujukan pada "Marca", sebuah surat kabar Spanyol, dari beberapa pemain tim nasional sepak bola La Furia Roja berbulan-bulan sebelum putaran final Piala Dunia Afrika Selatan 2010 dimulai. Surat yang hanya boleh dibuka jika Spanyol juara itu ternyata berisikan janji beberapa pemain, seperti Andrés Iniesta, Fernando Torres, Carlos Marchena, dan Sergio Busquets. Jika Spanyol berhasil menjadi Juara Dunia 2010, keempat pahlawan lapangan hijau Spanyol tersebut akan melakukan perjalanan menuju Santiago de Compostela.

Sebuah kota di Galicia ini telah menjadi tujuan perjalanan lebih dari 270 ribu peziarah pada tahun 2010. Dikenal dengan nama "El Camino de Santiago" (Jalan Santo Yakobus), aktifitas perjalanan ini telah dilakukan sejak abad pertengahan oleh peziarah dari berbagai penjuru Eropa. Konon di kota inilah Santo Yakobus, seorang murid Yesus menurut ajaran Kristiani, dimakamkan. Pada tahun 1985, kota ini dianugerahi titel World Heritage Site (tempat/kota peninggalan budaya) oleh UNESCO, dan dua tahun berikutnya rute ziarah menuju Compostela dikukuhkan sebagai rute budaya Eropa pertama oleh Konsili Eropa.

Lambang El Camino de Santiago
Pada mulanya setiap peziarah memulai perjalanan dari rumah masing-masing menuju Compostela. Namun hingga saat ini, ada sembilan rute yang dianggap sebagai rute-rute utama yaitu: rute dari Portugal, rute dari Prancis, rute dari Aragon, rute Utara (dari Basque), rute Primitif (dari Oviedo, Asturia), rute dari Inggris, rute Vía de la Plata (dari Sevilla), rute Laut Arousa dan Sungai Ulla, dan rute Finisterre. Semua rute berakhir di Katedral Santiago de Compostela, kecuali rute Finisterre yaitu perjalanan dari Compostela menuju pantai barat di Muxia. 


Perjalanan biasanya dilakukan dengan berjalan kaki, naik kuda, naik sepeda, atau menyeberangi lautan dan sungai selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Bukan hanya peziarah saja yang tertarik melakukan perjalanan ini. Banyak pula turis yang terlibat untuk alasan-alasan non agama seperti berjalan-jalan atau olah raga. Untuk menuntun perjalanan mereka, telah disiapkan tanda-tanda jalan berupa simbol El Camino de Santiago. Peziarah yang berhasil menaklukan misi ini biasanya akan diberikan sertifikat penghargaan.

Katedral Santiago de Compostela

Mungin para pemain ini sudah tidak perlu lagi mendapatkan sertifikat El Camino, tetapi tentu saja kita menunggu janji yang sudah diikrarkan. Kabarnya Iniesta akan melakukan perjalanan musim panas yang akan datang ketika jadwal kompetisi tidak ketat. Bagaimana dengan Torres, Marchena, dan Busquets? Akankah semuanya berjalan berbondong-bondong menuju Compostela?  

1 comentario:

  1. ♠♠♠Ingin Bermian Judi Online Namun Saldo Atm Kosong ?♠♠♠

    ◘◘◘Tenang di Zeusbola Kamu Bisa Melakukan Deposit Dengan Pulsa
    Bukan Hanya Dengan Pulsa Saja, Anda Juga Dapat Deposit Menggunakan OVO
    Sangat Membantu Anda Bukan?◘◘◘

    Ayo Segera Daftarkan Diri Anda Dan Jangan Lupa Ajak Teman Anda !!
    Kami Tunggu Kedatangannya
    Zeusbola Juga Siap Melayani Anda 24 JAM NONSTOP !!

    MURAH BANGET!

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :@zeusbola
    FACEBOOK :zeusbolame
    INSTAGRAM :@zeusbola.official
    TWITTER :@zeusbola

    ResponderEliminar