miércoles, 19 de enero de 2011

La Tomatina

Siapa sangka sebuah pertengkaran dapat berakhir menjadi festival internasional La Tomatina? Sejumlah pemuda yang berkumpul pada Rabu terakhir bulan Agustus 1945 di alun-alun Buñol, Valencia, hanya ingin minum pada awalnya. Untuk menghangatkan suasana, mereka mulai meramaikan malam itu dengan musik dan berdansa. Di tengah kemeriahan dansa malam itu, terjadilah aksi dorong-mendorong sehingga beberapa orang terjatuh dan menjadi marah. Pertengkaran mulai terjadi, para pemuda mulai melempari satu sama lain bersenjatakan sayur-sayuran, terutama tomat. Pecahlah perang tomat itu hingga diakhiri oleh aparat keamanan.

Kejadian ini terulang kembali pada tahun-tahun berikutnya dengan para pemuda membawa tomat dari rumah masing-masing. Walaupun dilarang pemerintah sekitar tahun 50an, perang tomat terus terjadi dengan peserta yang semakin banyak dan semakin fanatik. 

Pada tahun 1955, protes terhadap pelarangan perang tomat digelar dengan memasukkan karung-karung tomat pada peti mati. Perarakan peti ini diiringi oleh sebuah band yang memainkan musik khas kematian. Aksi ini pun berhasil hingga tahun 1957, La Tomatina diresmikan oleh dewan kota Buñol. Gaungnya terdengar di seluruh negeri matador berkat reportase Javier Basilio untuk program mingguan sebuah stasiun televisi Spanyol. Sejak tahun 2002, acara tahunan ini dipromosikan secara internasional oleh dewan kota sebagai daya tarik wisata kota Buñol.

foto: Damian Corrigan
Panjat pinang ala Spanyol memperebutkan ham di ujung tiang merupakan tradisi sebelum La Tomatina digelar

Jika anda tertarik untuk mengikuti pesta ini, datanglah ke Buñol pada malam hari sebelum pesta diadakan. Pesta perang tomat berlangsung pada pukul 11 pagi selama satu jam setiap Rabu terakhir bulan Agustus. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk berpartisipasi pada acara ini. Pertama, tentu saja jangan gunakan pakaian terbaik anda. Pilihlah kaos-kaos lusuh karena anda mungkin tidak akan mendapatkan pakaian anda seperti baru lagi. Untuk alas kaki, sebaiknya menggunakan sepatu kets yang mencengkram kaki anda dengan kuat, karena anda bisa pulang tanpa alas kaki bila memakai sandal jepit. Untuk melindungi mata, gunakan kacamata selam atau goggles, karena asam dari tomat dapat membuat mata anda gatal. 

Ada pula beberapa aturan main dari dewan kota Buñol seperti: tidak melemparkan benda-benda tajam, menghancurkan tomat sebelum dilemparkan, dan tidak merobek-robek pakaian. Pukul 12 tepat terompet akan dibunyikan menandakan berakhirnya festival ini. Jangan lagi melempar-lempar tomat dan nikmati fasilitas bilas gratis yang disediakan penduduk lokal dengan selang, karena anda tidak akan diterima di berbagai fasilitas umum bila berkeliaran dengan tomat di sekujur tubuh anda.

1 comentario:

  1. ♠♠♠Ingin Bermian Judi Online Namun Saldo Atm Kosong ?♠♠♠

    ◘◘◘Tenang di Zeusbola Kamu Bisa Melakukan Deposit Dengan Pulsa
    Bukan Hanya Dengan Pulsa Saja, Anda Juga Dapat Deposit Menggunakan OVO
    Sangat Membantu Anda Bukan?◘◘◘

    Ayo Segera Daftarkan Diri Anda Dan Jangan Lupa Ajak Teman Anda !!
    Kami Tunggu Kedatangannya
    Zeusbola Juga Siap Melayani Anda 24 JAM NONSTOP !!

    MURAH BANGET!

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :@zeusbola
    FACEBOOK :zeusbolame
    INSTAGRAM :@zeusbola.official
    TWITTER :@zeusbola

    ResponderEliminar