domingo, 19 de junio de 2011

Adrián López: Mesin Gol Spanyol Jr.

Akhir-akhir ini saya rajin mengikuti perjalanan tim muda Spanyol dalam kejuaraan Euro U-21. Juan Mata yang sudah bergabung dengan tim senior jelas terlihat memiliki kemampuan individu dan visi pertandingan yang baik. Namun, ada seorang pemain lain yang patut mendapatkan apresiasi atas kontribusinya yang luar biasa. Tiga gol dalam tiga pertandingan di grup B datang dari kaki seorang Adrián López. Siapakah dia?

Bernomor punggung "7", berasal dari Asturias, dan mesin gol tim nasional, Adrián mengingatkan saya pada seniornya, David Villa. Dua gol yang dihantarkan ke gawang Ceko menunjukkan ketenangan dan ketepatan tembakan (shooting) pemain depan Deportivo La Coruña ini. Pada laga berikutnya kontra Ukraina, kembali ia memperlihatkan kecerdikannya mengambil posisi serta kecepatannya untuk menyapu umpan ke depan gawang dari Thiago. Dengan prestasinya ini, layak rasanya menempelkan atribut striker bintang masa depan Spanyol.

David Villa Masa Depan?
Adrián López Álvarez, lahir pada 8 Januari 1988 di Teverga Asturias, merupakan asuhan akademi sepak bola Real Oviedo. Ia mendapatkan kesempatan bermain profesional pada tahun 2004, hingga akhirnya pindah ke klub La Liga Deportivo La Coruña pada 2006. Pada musim 2006/2007, Adrián berhasil mencetak gol ke gawang tim besar FC Barcelona di Camp Nou, walaupun Deportivo kalah pada pertandingan itu.

Pada dua musim berikutnya, berturut-turut Adrián dipinjamkan ke Deportivo Alavés dan Málaga CF. Ia kembali ke La Coruña musim 2009/2010 dan mulai mendapat tempat pada tim utama. Pada musim 2010/2011 tercatat Adrián membukukan total delapan gol.

Sejak tahun 2005, Adrián dipanggil untuk memperkuat tim nasional Spanyol U17, U19, U20, dan akhirnya U21. Ketika memperkuat Spanyol U20 pada FIFA World Cup tahun 2007, pemuda dengan tinggi 180 cm ini berhasil mencetak hat-trick dalam rentang waktu hanya 10 menit! Dengan koleksi lima gol, Adrián menerima penghargaan sepatu perak pada ajang tersebut.

No hay comentarios:

Publicar un comentario