viernes, 10 de junio de 2011

Tapas: Dari Tutup Gelas Hingga Budaya Dunia

Layaknya masuk ke restoran Padang, anda disuguhkan makanan dalam jumlah kecil yang diletakkan pada piring-piring berukuran kecil pula jika berkunjung ke restoran tapas. Yap! Inilah salah satu budaya gastronomi Spanyol yang sudah mendunia. Namun, bagaimanakah asal-usulnya?

Tapas Sebagai Pelengkap Minuman
Tapas diciptakan seturut kebijakan yang dikeluarkan oleh Raja Alfonso X pada abad 13 sebagai usaha pencegahan permasalahan alkohol. Raja ini melarang penghidangan anggur (wine) bila tidak ditemani oleh suatu makanan. Para petugas katering kemudian mulai menghidangkan makanan, seperti roti, keju, sosis darah (black pudding), dan lain-lain menutupi bagian atas gelas. Sejak itulah makanan disebut "tapa" yang artinya penutup.

Saat ini yang disebut tapas adalah piring-piring berisi makanan dingin dan hangat yang dihidangkan untuk menemani minuman, biasanya seperti wine, beer, vermouth, dan minuman lainnya. "Tapeo" atau aktifitas makan tapas biasanya mengambil waktu sebelum makan siang dan saat makan malam, dan terkadang dapat menggantikan makanan makan malam. 

Salah satu aspek istimewa dari tapas adalah karakter kebersamaannya. Biasanya tapas dimakan sambil berdiri secara bersama-sama di sebuah bar di mana orang-orang saling berbagi makanan dan berbincang-bincang. Terlebih lagi, pada beberapa daerah di Spanyol masih dipelihara kebiasaan ini dengan menghidangkan tapas gratis beserta minuman. Walaupun porsi makanannya berkurang, para klien tetap menghargai dan perut mereka turut berterima kasih.

Sebuah Bar di Basque Menghidangkan Tapas Untuk Pengunjungnya

*ditranslasikan secara bebas dari buku "Curso de Español Para Extranjeros: Nuevo eLe Intermedio" oleh Virgilio Borobio dan Ramón Palencia.


Ingin mencoba Tapas di Jakarta? Coba buka ini.

3 comentarios:

  1. Kalau aku, paling senang makan tapas sebelum makan siang di Barcelona, atau makan siang pakai tapas dan minum bir Bintang (Estrella).
    Blog bagus, selamat
    Salam kenal dari Barcelona.

    ResponderEliminar
  2. Muchas Gracias, Gildo.
    Salam kenal dari Jakarta juga.
    Una pregunta, di Barcelona ada Bintang? :)

    ResponderEliminar
  3. ♠♠♠Ingin Bermian Judi Online Namun Saldo Atm Kosong ?♠♠♠

    ◘◘◘Tenang di Zeusbola Kamu Bisa Melakukan Deposit Dengan Pulsa
    Bukan Hanya Dengan Pulsa Saja, Anda Juga Dapat Deposit Menggunakan OVO
    Sangat Membantu Anda Bukan?◘◘◘

    Ayo Segera Daftarkan Diri Anda Dan Jangan Lupa Ajak Teman Anda !!
    Kami Tunggu Kedatangannya
    Zeusbola Juga Siap Melayani Anda 24 JAM NONSTOP !!

    MURAH BANGET!

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :@zeusbola
    FACEBOOK :zeusbolame
    INSTAGRAM :@zeusbola.official
    TWITTER :@zeusbola

    ResponderEliminar