jueves, 23 de junio de 2011

Wawancara dengan Cesc Fabregas

Saya beruntung. Tidak. Saya sangat beruntung mendapatkan kesempatan wawancara eksklusif dengan Francesc Fabregas siang itu 22 Juni 2011 di salah satu hotel di Jakarta. Lima belas menit berlalu begitu cepat bagi kami lima orang jurnalis dan seorang Cesc yang mengisi percakapan dengan cukup banyak senda gurau. Satu hal yang membuat sesi ngobrol-ngobrol kurang berjalan asik adalah, aturan-aturan main panitia yang membatasi waktu, pokok bahasan, dan gerak-gerik kami.

Walaupun begitu, cukuplah bagi saya waktu seperempat jam itu untuk menilai bahwa Cesc Fabregas adalah sosok pria rendah hati, murah senyum, dan berdedikasi tinggi. Berikut adalah cuplikan-cuplikan respon menarik dari pemain nasional Spanyol yang turut membawa negaranya meraih Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010.

"Saya berkembang karena menghabiskan waktu berjam-jam bermain bola di jalan."

"Disiplin adalah sesuatu yang selalu saya miliki."

"Saat saya berusia enam tahun dan akan bertanding esok harinya, ibu ingin mengajak saya ke McDonald lalu saya berkata: Jangan mam, berikan saya salad, berikan saya ikan, saya butuh protein untuk besok."

"Teman-teman saya sangatlah penting karena saya kenal mereka sejak kecil, sejak sekolah, dan saya memiliki teman-teman yang sama (sampai sekarang)."

"Hidup adalah tentang membuat keputusan, dan membuat keputusan yang tepat tidak pernah mudah. Kamu tidak akan tahu apa yang terbaik jadi kamu harus membayangkan apa yang dapat terjadi di kedua sisi, dan dengar apa kata hatimu. (Keputusan) itu bisa jadi salah, tetapi setidaknya kamu telah melakukan apa yang kamu pikir terbaik untukmu."

Bersama Anak-anak Indonesia di London
foto oleh Matheos V. Messakh (The Jakarta Post)
"Saya suka banyak sepakbola dan berusaha untuk belajar dari tim-tim terbaik."

"Saya sangat suka dan kangen sepakbola Spanyol, walaupun saya tidak pernah bermain di sana (secara profesional)."

"Saya menonton beberapa pertandingan terakhir tim muda Under-21 Spanyol di Piala Eropa. Mereka terlihat lebih nyaman dibandingkan tim-tim lainnya. Saya pikir hal terpenting dalam pengembangan sepakbola Spanyol adalah filosofinya. Semua tim, semua manager di Spanyol selalu memainkan gaya sepakbola yang serupa di La Liga. Pemain-pemain muda ini banyak yang bermain di sana dan terbiasa bermain di pertandingan besar."

"Saya sangat suka anak-anak kecil. Mereka sangat penting karena mereka adalah masa depan. Masa depan sepakbola, juga masa depan dunia."

"Ketika saya kecil, saya selalu ingin bertemu pemain sepakbola yang dapat memberikan inspirasi bagi saya."

"Bagi saya Barcelona adalah tempat terbaik. Seluruh keluarga dan teman-teman saya di sana, dan di sana saya dapat beristirahat dari sepakbola. Saya tinggal sedikit jauh dari kota, di sebuah kota kecil dan hidup di sana sangat fantastis."


*)Cesc Fabregas datang ke Indonesia dalam rangkaian acara promosi sebuah produk makanan yang menunjuknya sebagai ikon.

3 comentarios:

  1. Si Cesc, sudah berankat ke Barcelona, mungkin mau bicara dengan tim Barcelona, untuk tanda tangan di kontrak.
    Untuk kapan satu post bahasa spanyol?
    Salam dari Barna

    ResponderEliminar
  2. Post dalam bahasa Spanyol, nanti saya coba tulis untuk blog kamu? Kalau di sini saya mau bercerita tentang Spanyol untuk orang-orang Indonesia.

    ResponderEliminar
  3. ♠♠♠Ingin Bermian Judi Online Namun Saldo Atm Kosong ?♠♠♠

    ◘◘◘Tenang di Zeusbola Kamu Bisa Melakukan Deposit Dengan Pulsa
    Bukan Hanya Dengan Pulsa Saja, Anda Juga Dapat Deposit Menggunakan OVO
    Sangat Membantu Anda Bukan?◘◘◘

    Ayo Segera Daftarkan Diri Anda Dan Jangan Lupa Ajak Teman Anda !!
    Kami Tunggu Kedatangannya
    Zeusbola Juga Siap Melayani Anda 24 JAM NONSTOP !!

    MURAH BANGET!

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :@zeusbola
    FACEBOOK :zeusbolame
    INSTAGRAM :@zeusbola.official
    TWITTER :@zeusbola

    ResponderEliminar