lunes, 9 de julio de 2012

Dari Lembah Sampai Panggung Juara Dunia

Tiga puluh tahun lalu ia lahir di kota kecil di daerah lembah wilayah País Vasco (Basque) Spanyol Utara bernama Tolosa. Beberapa minggu lalu ia menjadi pahlawan yang membawa tim nasionalnya masuk semifinal Euro Cup 2012 dengan menyingkirkan Prancis lewat dua gol yang ia ciptakan. Beberapa hari lalu dia membuat heboh Indonesia untuk kunjungan promosional-nya ke Jakarta. Yap, seorang anak lembah yang kini menjadi bintang sepak bola dunia, inilah Xabi Alonso.

Lahir dengan nama Xabier Alonso Olano dari keluarga pesepakbola, pria dengan tinggi 1,83 meter ini datang ke Jakarta Jumat malam, 6 Juli 2012. Selama dua hari ke depan, jadwalnya dipenuhi kegiatan promosi salah satu merk kacang sponsor klub sepak bola tempatnya bermain.

Acara temu sapa (meet and greet) eksklusif diadakan pada malam minggu di hotel tempat peristirahatannya. Menurut seorang teman yang menghadiri acara itu, sekitar seratus orang hadir, namun kesempatan untuk ngobrol dengan sang bintang pun terbatas. Padahal mereka sudah mengeluarkan uang sebesar 2,5 juta untuk kesempatan itu.

Acara yang lebih ekonomis dilaksanakan pada minggu pagi, dengan peserta mencapai ribuan di Silang Barat Daya Monas, Jakarta. Pemain yang hampir selalu mengenakan nomor punggung 14 ini sempat mengadu tendangan menuju gawang jauh dari panggung dengan dua pemain nasional Indonesia: Firman Utina dan Ponaryo Astaman. Dalam tiga kali percobaan, Alonso berhasil mencetak dua gol, sementara dua pemain kita tidak berhasil satu pun. Sungguh berkelas!

Random facts tentang Xabi Alonso:

Selain sepak bola, dia suka bermain tennis dan bersepeda.

Dia bersahabat dengan pemain Spanyol Mikel Arteta, mereka juga bertetangga di Liverpool, Inggris.

Alonso pernah mendalami bisnis, namun sulit menemukan cara untuk menyatukannya dengan bermain sepak bola profesional.

Makanan favoritnya adalah lobster bakar, sementara yang tidak ia sukai adalah olive (wow!)

Salah satu film favoritnya "The Others" karya sineas Spanyol Alejandro Amenábar.

Penulis favoritnya seorang ahli Mesir asal Prancis, Christan Jacq. Beberapa buku Jacq yang ia sukai adalah "La Ley del Desierto" (Peraturan Gurun) dan "La Justicia del Visir" (Pengadil Mesir).

Ukuran sepatunya 42, dan dia selalu mempunyai urutan berpakaian yang sama di ruang ganti.


No hay comentarios:

Publicar un comentario